Kamis, 08 November 2012

Identifikasi Berbagai IPTEK yang Keberadaanya Secara Langsung atau Tidak Langsung dalam Meningkatkan Daya Dukung Lingkungan



Dunia teknologi memang sangat penting, khususnya dunia elektronika dan teknologi informasi, dalam meningkatkan pelayanan masyarakat dalam menjaga lingkungan. Keberadaan teknologi yang semakin pesat dan semakin mendunia. Tak heran jika teknologi informasi sangat dibutuhkan masyarakat karena lebih mudah dan simpel daripada secara manual. Kalau kita bisa memprediksi perkembangan teknologi masa depan, begitu sangat majunya teknologi sekarang ini. Sampai saat ini manusia sangat tergantung pada kemajuan teknologi. Karena jika kita tak mengenal teknologi maka dalam istilah dunia sekarang adalah (Gamtek).
IPTEK sudah menjamur dan menjadi kebutuhan yang sangat penting. Mulai dari anak-anak sampai - sampai pada yang tua sekalipun sudah mulai mengenal akan adanya teknologi. Sebagai contoh kecilnya saja penggunaan Hpe, dulu hpe itu sangat langka dan susah dicarinya,dan juga Hpe begitu besar yang hanya bisa dibuat sms dan telepon. Tetapi sekarang ini Hpe sudah begitu simpel dan banyak berbagai fitur yang dapat mempermudah bagi penggunanya. Mulai dari kameranya sampai ke dunia internet, dapat mengaksesnya dengan sangat mudah dan cepat tidak begitu lama.
Jika dihubungkan dengan lingkungan sekitarnya. Maka teknologi sangat penting untuk mempermudah dalam menjaga dan merawat lingkungan sekitarnya. Lingkungan yang bersih dan nyaman seperti yang diharapkan setiap diri individu masing-masing. Contohnya saja seperti saat hujan deras yang dapat mengakibatkan banjir. Bagaimanapun peran teknologi sangat penting untuk mendeteksi curah hujan yang berada dalam bendungan supaya bendungan tidak jebol yang mengakibatkan banjir yang sangat besar. Dan penggunaan teknologi itu sendiri di lingkungan sekitar memang sangat penting terutama untuk mempermudah mengatasi masala-masalah yang sampai saat ini belum terpecahkan.
Bahkan di kota besarpun penggunaan teknologi untuk mengatasi masalah-masalah yang setiap hari ditemui. Terutama polusi kendaraan yang mengakibatkan banyak penyakit, karena limbah pabrik dan asap kendaraan. Kalau kita lihat juga yang sampai saat ini masih belum teratasi adalah masalah sampah yang setiap harinya menggunung yang menyebabkan banyak penyakit yang timbul dari sampah itu sendiri.
Menurut saya dalam dunia elektronika akan banyak penemuan-penemuan yang sangat berarti, khususnya dalam mengatasi lingkungan yang semakin hari semakin parah. Yaitu menurut saya adalah menciptakan alat yang dapat mengatasi polusi udara sehingga polusi udara yang berada disekitar lingkungan menjadi bersih. Dan juga ada lagi yaitu menciptakan tempat sampah yang dapat mendaur ulang sendiri jika kita masukkan sampah ke tempat sampah tersebut. Sesuai dengan bahan yang digunakan yaitu jika sampah itu bukan organic ataupun unorganik tempat sampah itu akan berbunyi sendiri.
Adapun dunia IPTEK yang dapat mendukung permasalahan lingkungan adalah :
a)      Tempat sampah yang dapat daur ulang secara elektrik
b)      Listrik tenaga surya atau solar cell
c)       Mobil listrik yang ramah lingkungan
d)      Kendaraan berbahan bakar air
e)      Kemasan makanan yang dapat dengan mudah didaur ulang
f)       Pemanfaatan tinja yang berguna sebagai pembangkit tenaga listrik
g)      Kincir angin sebagai pembangkit tenaga listrik
h)      Alat elektronika yang dapat menyerap polusi kendaraan
i)        Alat elektronika yang dapat mendeteksi pencemaran limbah industry sehingga menjadi netral

Itu hanyalah sebagian kecil dari alat-alat elektronika yang dapat berguna untuk mengatasi masalah-masalah yang berada dalam lingkungan. Sehingga dapat mengurangi dan bahkan bisa mengatasi permasalah yang timbul dari lingkungan itu. Dan juga untuk mempermudah dan membantu masyarakat dalam menjaga dan melestarikan lingkungan tersebut. Sehingga lingkungan tersebut tetap indah dan rapi. Dan tidak menimbulkan banyak berbagai masalah lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar