Selasa, 08 November 2011

Struktur Pasar (Softskill)


1.   STRUKTUR PASAR
Struktur Pasar memiliki pengertian penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri.
Pada analisa ekonomi dibedakan menjadi pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna (yang meliputi monopoli, oligopoli, monopolistic)
2.   PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Jenis pasar persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak sekali dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak. Contoh produknya adalah seperti beras, gandum, batubara, kentang, dan lain-lain.

Sifat-sifat pasar persaingan sempurna :
Ø Barang yang dijual sejenis, serupa dan mirip satu sama lain, sehingga para pembeli tidak dapat membedakan                                                                         produk yang dihasilkan antara produsen A dan produsen B.
Ø  Penjual bersifat pengambil harga (price taker),yaitu penjual tidak dapat menentukan atau merubah harga    dikarenakan harga pasar ditentukan oleh interaksi antara produsen dengan pembeli.
Ø  Harga ditentukan mekanisme pasar permintaan dan penawaran (demand and supply)
Ø  Posisi tawar konsumen kuat
Ø  Jumlah penjual dan pembeli banyak
Ø  Sulit memperoleh keuntungan di atas rata-rata
Ø  Sensitif terhadap perubahan harga
Ø  Mudah untuk masuk dan keluar dari pasar,yaitu apabila seorang penjual mengalami kerugian dapat langsung meninggalkan pasar dan begitu sebaliknya.
Ø  Pembeli mempunyai pengetahuan yang sempurna tentang keadaan di pasar
Artinya bahwa pembeli mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahanperubahan
ke atas harga tersebut.

Pasar persaingan sempurna memiliki bebarapa kebaikan dibandingkan pasar-pasar yang lainnya antara lain :
1.       Persaingan sempurna memaksimumkan efisiensi
2.       Kebebasan bertindak dan memilih

Beberapa kelemahan / keburukan persaingan sempurna yaitu :
1.         Persaingan sempurna tidak mendorong inovasi
2.         Persaingan sempurna adakalanya menimbulkan biaya social
3.         Membatasi pilihan konsumen
4.         Biaya produksi dalam persaingan sempurna mungkin lebih tinggi
5.        Distribusi pendapatan tidak selalu merata

3.      PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA
a.          Pasar  Monopoli adalah struktur pasar yang ditandai oleh adanya seorang produsen tunggal. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan monopolis tidak ada barang substitusinya. Adanya ketidaksempurnaan atau tingginya hambatan di dalam memperoleh informasi tentang produk seperti harga dan kualitas. Perusahaan monopolis bebas untuk menentukan jumpah output dan harga produk kapan saja. Perusahaan monopolis bisa mendapatkan keuntungan di atas keuntungan normal dalam jangka panjang.
b.         Persaingan monopolistik adalah struktur pasar yang sangat mirip dengan persaingan sempurna tetapi yang membedakan dengan pasar persaingan sempurna ialah bahwa pada pasar ini produsen mampu membuat perbedaan-perbedaaan  pada produknya ( differensiasi produk ) dibandingkan produsen lain. Kemampuan untuk mendapatkan informasi mengenai produk tidak sulit. Perusahaan-perusahaan dalam pasar monopolistik ini mudah untuk masuk dan keluar dari industri. Pada pasar ini juga, perusahaan-perusahaan  hanya mampu menerima profit normal dalam jangka panjang.
c.          Oligopoli adalah struktur pasar di mana hanya ada sejumlah kecil perusahaan yang memproduksi hampir semua output industri dan mempunyai keputusan yang saling mempengaruhi. Adanya  ketidaksempurnaan dan hambatan dalam memperoleh informasi mengenai produk, Adanya kemampuan pengendalian harga tetapi sedikit. Sebagian produk didiferensiasikan tetapi sedikit  sehingga adanya sedikit perbedaan produk antara produsen. Dalam teori ekonomi mikro, model Oligopoli dibagi dalam dua jenis, yaitu : pertama, oligopoli Non-kolusif terdiri dari model Cournot, model Bertrand, model Chamberlain, Model Sweezy dan model Stackelberg. Kedua, oligopoli kolusif yang terdiri dari kartel dan kepemimpinan harga. ( A. Koutsoyyianis, 1975:216-253).

4.   PASAR MONOPOLI
Pasar monopoli akan terjadi jika di dalam pasar konsumen hanya terdiri dari satu produsen atau penjual.
Contohnya seperti microsoft windows, perusahaan listrik negara (pln), perusahaan kereta api (perumka), dan lain sebagainya.

Sifat-sifat pasar monopoli :
1.       Hanya terdapat satu penjual atau produsen
2.       Harga dan jumlah kuantitas produk yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan monopoli
3.       Umumnya monopoli dijalankan oleh pemerintah untuk kepentingan hajat hidup orang banyak
4.       Sangat sulit untuk masuk ke pasar karena peraturan undang-undang maupun butuh sumber daya yang sulit didapat
5.       Hanya ada satu jenis produk tanpa adanya alternatif pilihan
6.       Tidak butuh strategi dan promosi untuk sukses

Terjadinya Pasar Monopoli:
1.         Modalnya besar
2.         Memiliki keahlian tertentu
3.         Adanya pasar yg terbatas

Kebaikannya:
1.       Memiliki keuntungan  lebih
2.       Dpt menurunkan biaya produksi
3.       Lebih efisien
4.       Harganya lebih bersiang

Keburukannya:
1.         Menciptakan ketidakadilan
2.         Adanya unsur eksploitas factor-faktor  terhadap  produksi
3.         Boros dlm sumber daya ekonomi

5.   PASAR INTERNASIONAL
Pasar Internasional atau Pasar Dunia adalah permintaan dan penawaran berbagai produk dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara untuk dipasarkan ke negara lain.
Contoh: Indonesia menghasilkan rempah-rempah, minyak, ukir- ukiran dan banyak ditawarkan ke negara lain. Sebaliknya Indonesia banyak membeli barang elektronik dan mesin-mesin untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

SUMBER:
http://e-dukasi.net/index.php?mod=script&cmd=Bahan%20Belajar/Modul%20Online/view&id=52&uniq=1968
http://organisasi.org/bentuk_bentuk_struktur_pasar_konsumen_persaingan_sempurna_monopolistik_oligopoli_dan_monopoli
http://putracenter.net/2009/07/22/teori-ekonomi-mikro-struktur-pasar/
http://matakuliahekonomi.wordpress.com/2010/10/31/pengertian-struktur-pasar/
http://pyia.wordpress.com/2010/06/06/struktur-pasar/

1 komentar: